Kabar Daerah

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Akreditasi Pemantau Pemilu Tahun 2019

Majalahmataborneonews.com, Landak,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Landak menyelenggarakan sosialisasi pengawasan partisipatif dan akreditasi pemantau pemilu tahun 2019 diaula hotel Hanura Jumat (29/3/2019)

Hadir dalam sosialisasi tersebut organisasi pemuda, organisasi budaya, tokoh agama, mahasiswa dan media. Dimana kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dari tanggal 29-30 Maret 2019.

Ketua Bawaslu Kabupaten Landak Petrus Kanisius NG,  didampinggi dua Komisioner Bawaslu,  Theresia M Mg dan Lomon kepada peserta sosialisasi menegaskan kegiatan yang dilaksanakan ada tujuan yang dicapai.

Materi-materi yang akan disampaikan pada sosialisasi ini hanya sebagai ransangan saja. Kita mau penyampaian seperti ini adalah supaya peserta yang hadir dapat menyampaikan kepada masyarakat yang lain terkait pengawasan pastisipatif dan lembaga pemantau yang memiliki akreditasi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Landak, Petrus Kanisius NG menjelaskan, sosialisasi ini tentu ada tujuan-tujuan yang mau kita capai dan ada autput yang mau kita sepakati. Oleh karena itu kami mengharapkan peserta soaialisasi yang hadir ini lebih banyak berintraksi dan diskusi.

Petrus juga mengatakan ketika Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kabupaten Landak masuk zona merah. Dan itu berdasarkan survey. Namun, itu bukan menjadi satu faktor benar. Namun itu merupkan satu referensi.

Petrus juga tidak lupa memaparkan  tugas, wewenang dan fungsi Bawaslu pada Pemilu 2019. Dimana Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Pengawas Pemilu berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Lembaga pemantau inilah yang kita ajar untuk melakukan pengawasan bersama. Kalau antisipasi pencegahan ini tidak terealisasi, ternyata ada pelanggaran, kita akan melakukan tindakan sesuai mekanisme hukum yang sudah di amanah ke Bawaslu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *