Kabar Daerah

Kampanye Kamtibmas Polsek Serawai Lakukan Patroli

Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Bersama dengan warga jajaran Polsek Serawai terus melakukan patroli untuk menjaga situasi kamtibmas. Kamis (28/3) malam, petugas kepolisian dari Polsek Serawai berkeliling di beberapa tempat dan pemukiman yang dinilai rawan kejadian. Selama patroli, pihak kepolisian juga mengunjungi beberapa pos kamling yang ada di lingkungan tempat tinggal warga.

Kapolsek Serawai Ipda Rahmad Kartono, berharap dengan kegiatan patroli rutin yang dilakukan jajarannya selain untuk mengontrol aktifitas warga juga untuk tidak memberikan kesempatan bagi para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya. “Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi kejadian kriminal. Seperti curat, curas dan curanmor, ” katanya.

Sebab selama ini, kejadian curanmor cenderung meningkat. Oleh karena itu, ia meminta warga sekitar untuk tetap selalu waspada dan terus menjalin komunikasi dengan pihak kepolisian.

Masyarakat agar selalu waspada terhadap curanmor, Sehingga warga juga harus berhati-hati ketika memarkir kendaraannya. “Kalau perlu, berikan kunci tambahan lagi. Seperti gembok pada gear maupun roda sepeda motor,” sarannya.

Peningkatan kewaspadaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pencurian. Sebab, saat ini, pelaku curanmor selalu mencari celah untuk merusak kunci pengaman sepeda motor. “Saat ini memang sudah ada para pelaku kejahatan yang memang menggunakan kunci magnet untuk membuka penutup kuncinya. Kan penutup kunci motor itu ada magnetnya, nah itu saja saat ini para pelaku sudah bisa membukanya. Seperti beberapa kejadian di Surabaya pernah ada yang beraksi memakai kunci bermagnet,” jelas dia.

Lebih lanjut Kartono menjelaskan, berdasarkan 2 kasus curanmor yang telah berhasil diungkap oleh jajarannya, para pelaku curanmor yang memakai kunci bermagnet ketika sedang melakukan aksinya. “Rata-rata memang masih memakai kunci T untuk mencuri. Belum ditemukan yang memakai kunci magnet,” jelas Kartono.

Sehingga, teknik tersebut juga menjadi perhatian utama pihak kepolisian dan warga masyarakat untuk menjaga kendaraan bermotor dan juga ketika memarkir kendaraan. “Sebab, jika pelaku curanmor sudah menggunakan kunci magnet, mereka bisa menggasak motor sasaran lebih cepat,” papar dia.

Sehingga, Kartono mengimbau para masyarakat maupun mahasiswa untuk lebih ekstra meningkatkan kehati-hatian dalam memarkir kendaraan. Pasang kunci ganda pada cakram atau pasang kamera CCTV di sekitar lokasi parkir kendaraan. “Selain itu, kalau parkir, juga sebisa mungkin agar terlihat,” tandasnya.

Suwondo, selalu tokoh masyarakat tionghua serawai berterima kasih kepada jajaran Polsek Serawai dimana secara mengejutkan diserawai sudah terjadi 2 kasus curanmor, dan keduanya berhasil diungkap oleh Polsek Serawai.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *