Erna: Pramuka SMKN1 Sintang Agar Dapat Berevolusi Ke Industri 4.0


Majalahmataborneonews.com Sintang,
Gerakan Pramuka adalah media Untuk membina anak bangsa agar menjadi generasi yang bertaqwa, terampil, mandiri, berbakat, tangkas dan bersahaja dalam format kegiatan Pendidikan yang menarik dan menyenangkan. Pramuka SMK Negeri 1 Sintang Ambalan Gugus Depan yang tergabung Alianyang dan Dara Nimpai kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan dan kegiatan kepramukaan, dengan melaksanakan kegiatan pengukuhan anggota pramuka Laksana dan Bantara yang bertajuk Perkemahan Jumat – Sabtu.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 Maret 2019 diikuti 114 yang terdiri dari Bantara putra: 45 Bantara putri:33
Laksana putra : 30 Laksana putri: 16

Kesempatan itu Wakil Ketua  Kwarcab Sintang Ernawati mengharapkan pramuka ini untuk dapat mengikuti perkembangan jaman ,paradikma lama itu harus mulai ditinggalkan. Bahwa Kegiatan kepramukaan merupakan sebuah media Pendidikan yang sangat membantu dalam hal pembentukan karakter. Sebagaimana yang dirumuskan permendikbud no 64 tahun 2014 tentang Pendidikan kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib.

Dengan adanya kegiatan kepramukaan kita agar membentuk sikap yang disiplin, tanggungjawab, kreatifitasnya, Inovatif dan produktif yang mandiri dan siap membantu Selama untuk kemajuan lingkungan. Dan Secara khusus kepada penegak bantara dan laksana untuk dapat mempertanggungjawabkan apa yang sudah disampaikan dan Bisa mengamalkan tri SATYA dan dasa dharma pramuka.”ujar Ernawati.

Kepada para pembina lanjut dia di gugus depan diharapkan dapat Terus semangat membina dan mengawasi peserta didik agar tidak terpengaruh dalam pergaulan salah sehingga melakukan hal-hal yang negatif.

“Pada kesempatan ini juga saya mengharapkan agar kegiatan pramuka di gugus depan ini dapat meninggalkn pramuka dengan paradigma lama menjadi paradigma Baru dengan merubah cara latihan yang monoton dengan lebih kreatif dan Inovatif. Sesuai dengan perubahan zaman yang sudah beralih pada zaman revolusi industri 4.0 , industri 4.0 merupakan nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan “pabrik cerdas,”ulasnya.

Intinya tugas kedepan SMKN 1 Gugus depan Alianyang dan Dara Nimpai harus jadi garda terdepan dalam gerakan pramuka Kabupaten Sintang buktikan bahwa SMKN 1 ada di tengah masyarakat kabupaten Sintang dan untuk menepis minset masyarakat bahwa Siswa SMK itu brutal.

“Kenapa harus SMKN 1 Sintang,karena saya bangga disini ada pramuka nya sudah maju bagus dan baik dilaksanakan,pertama dan merubah minset masyarakat ,karena anggapan bagian besar masyarakat itu anak SMK itu identik dengan tawuran ,brutal dan lain-lain nah pramuka ini untuk pembuktian bahwa anak SMKN 1 Sintang tidak seperti itu.”Tegas Ernawati yang juga Kabid Pembinaan SMP di Disdikbud Kabupaten Sintang.

Kepala SMKN 1 Sintang Maria Victoria menyatakan giat tersebut bakal digelar selama 2 Hari mulai Jumat pagi hingga Sabtu sore ,
Kegiatan ini sendiri merupakan prosesi pengukuhan Untuk menyelesaikan ujian SKU, para tamu penegak yang notabene adalah siswa kelas X dan XI itu harus melewati sejumlah pos pengujian. Mereka harus melakukan perjalanan yang cukup melelahkan untuk mencapai titik tersebut. Ujian dilakukan dari pagi hingga siang hari.

Seusai menyelesaikan ujian, para tamu penegak kemudian harus mengikuti outbound. Rintangan yang disiapkan.Gelar Ujian SKU Penegak Bantara anggota pramuka penegak bantara yang bersiap pindah tingkatan menjadi penegak laksana.

Maria Victoria berpesan kepada para penegak agar dapat mengamalkan kode kehormatan gerakan pramuka berupa Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari. Dia juga meminta agar pramuka dapat mempunyai ciri khas dan berakhlak mulia.

“Calon Pramuka yang harus menyelesaikan Syarat – Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 point yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual dan Fisik.”pungkasnya.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *