Bupati Sintang Panen Perdana Di Gang Hijau


Majalahmataborneonews.com Sintang,-
Minimnya lahan tak menjadi soal bagi masyarakat perkotaan untuk pengembangan budi daya pertanian,seperti di Gang Gamajaya Desa Baning Kota Sintang dengan memanfaat lahan pekarangan sekitar rumah dan menyulap gang tersebut menjadi lahan hijau pertanian.

Beragam sayur mayur baik tomat,cabai kacang panjang ,terong dan sawi serta beberapa sayuran lainya ditanam warga digang tersebut dengan pola tanam menggunakan system hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot dengan hasil panen yang menakjubkan.

Bupati Sintang Jarot Winarno berkesempatan untuk memanen perdana dengan memetik kacang panjang, tomat, cabai, terung dan sawi yang ada ada dipekarangan warga tersebut. Puluhan warga sekitar yang didominasi oleh ibu-ibu kelompok wanita tani ikut serta dalam kegiatan ini. Jumat (22/2).

Menurut orang nomor satu di Sintang itu ada beberapa alternatif yang dapat dilakukan warga perkotaan dalam menyiasati minimnya lahan perkebunan. Dapat menggunakan system penanaman hidroponik, vertikal, polybag dan menggunakan pot.

“Dengan adanya inisiatif kebun di pekarangan begini, kita harapkan ada bank sampah di lingkungan ini,saya berharap hal ini dapat ditirulah oleh masyarakat yang lain,” harapnya.

Dirinya melihat kesadaran masyarakat kota cukup tinggi dengan mengoptimalkan pekarangan sekitar rumah, mengingat pertumbuhan penduduk sangat pesat sementara luas lahanya tak sebanding dengan pertumbuhan penduduk , Turut hadir Bapak Gusti Mohhamad Hatta mantan Menteri Lingkungan Hidup dan Ristek pada masa pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yudoyono.

Tampak pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang, Darmanata; Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, Veronika Ancili dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Zukarnaen serta sejumlah staff OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sintang.
(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *