Kabar Daerah

Bulog Sintang Klaim Stok Beras Aman


Majalahmataborneonews.com
Sintang,-
Beras merupakan komoditas pangan utama masyarakat Indonesia, hampir seluruh penduduk di negara ini mengkonsumsi beras setiap harinya. Hal ini menyebabkan komoditas beras memiliki nilai yang sangat strategis, selain karena menguasai hajat hidup orang banyak, juga dapat dijadikan parameter stabilitas ekonomi dan sosial negara. Apabila terjadi kelangkaaan atau tidak terpenuhinya kebutuhan beras pada masyarakat, akan berdampak pada inflasi dan gejolak sosial. Perum BULOG sebagai BUMN yang memiliki tugas PSO (public service obligation) mengemban amanah untuk menjaga stabilitas harga beras di tingkat produsen dengan melakukan pembelian beras petani (medium) dengan HPP dan di tingkat konsumen dengan melakukan operasi pasar (OP) pada saat terjadi kenaikan harga beras atau kelangkaan beras.

Saat ini stok beras yang ada di Perum Bulog Sub Divre Sintang masih aman per hari masih 680 ton untuk beras public service obligation (PSO), sementara stok beras Komersil 70 ton.hal ini diungkapkan Kepala Perum Bulog Sub Divre Sintang, Maradona Singal pada media ini Minggu,(10/2/2019).

“Terkait komoditas beras, selain mengelola beras PSO, kami Perum BULOG juga menjalankan bisnis dan perdagangan beras premium. Beras premium memiliki nilai ekonomi dan kualitas yang lebih baik dibandingkan beras medium. Beras premium yang ditangani BULOG merupakan beras kualitas tinggi yang berasal dari dalam negeri (DN) dan luar negeri (LN),”ujarnya.

Jumlah tersebut diatas untuk jatah Kabupaten Sintang dan Melawi perharinya.selain beras pihaknya juga memiliki stok Daging beku 2.000 kg, gula 2.000kg, Minyak Goreng 2.000 Ltr.

“Semua stok yang ada di Perum Bulog ini untuk jatah dua kabupaten yakni Sintang dan Melawi dan saat masih ada beberapa komoditi yang masih dalam perjalanan nuju Sintang yakni Gula Pasir 750 ton,”bebernya.

Disebutkan Maradona bahwa Daging beku dibandrol Rp.78.000, Gula Pasir Rp.10.000 dan Minyak Goreng Rp. 12.300.

“Untuk harga daging beku Rp.78.000,Gula Pasir Rp.10.000,dan Minyak Goreng Rp.12.300, ini juga berlaku di semua Rumah Pangan Kita ,”pungkasnya.(susi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *