Kabar Daerah

Pemuda Dayak Kalbar Beri Bantuan Korban Longsor Sungkung

Majalahmataborneonews.com, Pontianak- Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Medeng, Desa Sungkung II, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, pada hari Kamis 31 Januari 2019 lalu yang terjadi sekira pukul 19.30 WIB, memang menjadi duka tersendiri bagi masyarakat adat Dayak. Karena itu berbagai organisasi masyarakat adat, sosial dan pemuda bergerak menggalang bantuan untuk masyarakat yang menjadi korban.

Hendra Darwilias, ST Ketua Pemuda Dayak Kalimantan Barat (PDKB) menerangkan, donasi untuk korban tanah longsor di Sungkung ll yang disalurkan para donator melalui posko yang dibuka oleh MADN dan Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar dan Ormas Pemuda Dayak Kalbar untuk tahap pertama sudah dikirimkan. Dan memang kami akui medan yang sulit cukup menjadi kendala saat bantuan itu didistribusikan.

“Sumbangan dari para donatur yang dikumpulkan sejak tanggal 2 – 3 Februari 2019 berupa sembako kurang lebih 4 ton terdiri dari beras 100 karung, gula 1 karung, pakaian layak pakai 6 kotak, Indomie 150 dus dan minyak makan kotak, telah dibawa ke Entikong pada tanggal 4 dan disalurkan secara bertahap,” papar Hendra kepada kepada awak media, Jumat (8/2/2019).

Lebih lanjut disampaikannya, dana bantuan tersebut disalurkan ke Dusun Medeng, Desa Sungkung II, Kecamatan Siding dimulai tanggal tanggal 5/2/2019. Pengiriman dilakukan secara bertahap karena cuaca hujan, kondisi jalan yang rusak parah, bahkan ada beberapa jembatan yang putus sehingga bantuan dibawa menggunakan kendaraan double gardan, tuturnya.

“Saat ini bantuan logistik kurang lebih 2 ton di Simoan, masih ada di Gudang milik pak Baneson di Entikong yang belum didistribusikan karena kendala jalan yang rusak. Kami dari tim berharap, agar masyarakat yang memang merasa terpanggil untuk membantu kami mendistribusikan Logistik yang telah di simpan di Gudang tersebut, karna untuk mengantarkan bantuan tersebut biaya angkutannya sangat mahal,” ujarnya.

Pada tahap pertama tim yang berangkat tersiri dari: Yakobus Kumis, MH. Sekjen MADN, Magdalena dari DAD Provinsi Kalbar serta Pemuda Dayak Prov Kalbar:
KETUM : HENDRA DARWILIAS, ST
SEKUM : ERWIN, S. HUT
SEKRETARIS 1 : SUKARDI
SEKRETARIAT : PERNANDO S. IP, M. Si
KETUA Bid. Kerohanian : Kurnianto Rindang
Bid. IT PDKB : KRISANTUS
Bid. Politik : YOHANA BAHARI MANDAYU, S. Pd, M. Pd
Bid. Minat Bakat : Marsianus Jhony

Hendra juga menyampaikan, selain bantuan berupa sembako tim juga menyerahkan kepada Pak Gak Mulyadi bantuan sebesar Rp 10juta, dan berharap semakin banyak lagi bantuan dari para donatur baik berupa uang maupun barang untuk meringankan beban korban musibah di Sungkung ll. Hal ini disampaikannya karena tim akan kembali berangkat dari Pontianak menuju Sungkung pada tanggal 11 Februari 2019 mendatang untuk menyerahkan bantuan tahap 2. Dan berharap bertambahnya relawan yang turut masuk dalam tim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *