Kabar Daerah

Tanggal Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sudah Diketahui,Ini Tanggalnya

Majalahmataborneonews.com, Sanggau,–  Sekda Sanggau, AL Leysandri memastikan bahwa pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sanggau terpilih, Paolus Hadi-Yohanes Ontot (PH-YO) akan digelar pada 17 Februari 2019 di Pontianak. Kepastian itu didapati setelah ada surat dari Kemendagri terkait jadwal pelantikan tersebut.

“Rencana awalnya pelantikan dilakukan pada tanggal 17 Februari. Dari provinsi mengajukan surat ke Kemendagri bisa tidak dilantik tanggal 5 supaya tidak ada jeda waktu. Jadi tidak ada Pj bupati atau apapun namanya. Tapi jawaban dari Kemendagri melalui Ditjen Otda tetap dilaksanakan pada tanggal 17 Februari bersamaan dengan pelantikan bupati terpilih Kubu Raya,” kata Sekda ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan Sekda, dua kepala daerah yang masa jabatannya sama-sama berakhir di Februari menjadi pertimbangan Kemendagri menjadwalkan pelantikan dilakukan bersamaan pada tanggal 17 Februari.

“Artinya sekaligus Pak Gubernur melantik bupati terpilih (Sanggau dan Kubu Raya),” pungkas Leysandri.

Disinggung kekosongan hingga bupati dan wakil bupati definitif dari hasil Pilkada serentak 2018 dilantik? Apakah diisi dengan menunjuk pelaksana harian (Plh) atau pelaksana tugas (Plt)? Sekda mengaku belum mendapat informasi terkait hal tersebut.

“Kalau iIni belum tahu kita, apakah Plh, Plt atau apa namanya. Besok (hari ini, red) saya diminta ke sana (kantor gubernur) untuk koordinasi,” ujar Sekda.

Terkait undangan, Leysandri menyebut dibatasi, hanya untuk 150 orang, termasuk di dalamnya keluarga bupati dan wakil bupati terpilih.

“Karena ini bergeser di tanggal 17, mungkin dikurangi lagi, karena ini yang menentukan pemerintah provinsi. Kalau berdiri sendiri (pelantikan tidak bersamaan), total undangan kita bersama provinsi 300 orang, termasuk undangan untuk wartawan provinsi yang undang,” jelasnya.

Lalu bagaimana dengan acara Satu Malam Bersama Bupati dan Wakil Bupati Sanggau terpilih? Sekda mengatakan, akan dijadwalkan ulang.

“Karena tadinya tanggal 5 Februari (penatikan), kita sudah mematangkan di malam minggu. Nah karena pelantikan dilakukan tanggal 17 Februari, maka kita setting ulang. Dan tanggal 17 itu hari minggu, apakah malam jumat, malam sabtu atau malam kerja,” tuturnya.

Usai dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau juga direncanakan mempaparkan visi dan misi di DPRD Sanggau. Terkait hal itu, direncanakan dilaksakan sebelum acara Satu Malam Bersama Bupati dan Wakil Bupati Sanggau.

Penulis : Indra

Editor : Kiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *