4 kunci Sederhana Menjaga Kulit Yang Sehat

Sebagai organ tubuh terbesar dan terluar, kulit sangat rentan untuk terkontaminasi dengan kotoran/bakteri/mikroorganisme lainnya. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Karena, mengabaikan gangguan kesehatan kulit sekecil apapun dapat mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat membuat Anda merasa tidak percaya diri. Lagipula, siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat?

Semua orang pasti menginginkannya, meskipun setiap orang memiliki definisi yang berbeda tentang kulit sehat. Namun secara umum, kulit yang sehat ditandai dengan tekstur kulit yang lembut dan lembab, sehingga membuat Anda merasa nyaman, bebas beraktivitas, dan percaya diri. Oleh karena itu berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit Anda:

  1. Minum air putih minimal 2 liter per hari

Cara terbaik merawat kulit yang pertama adalah dengan rajin minum air putih, minimal 2 liter per hari. Jumlah tersebut harus di luar asupan cairan yang berasal dari sayur maupun buah-buahan. Mengapa kita membutuhkan air begitu banyak setiap hari?

Seperti organ-organ lain di dalam tubuh kita, kulit terbuat dari sel-sel yang membutuhkan air agar bisa berfungsi dengan baik. Dengan air, kelembaban kulit akan terjaga, air akan membantu untuk meningkatkan elastisitas kulit, bisa membantu kulit jadi lebih awet muda; bisa membantu mengurangi masalah kulit seperti psoriasis, garis-garis halus atau keriput, dan eksim; membantu mengeliminasi racun dari kulit dan dalam tubuh, serta membantu meningkatkan metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan.

  1. Hindari stres

Sebagian besar masyarakat awam menganggap stres sebagai sebuah penyakit. Padahal, stres adalah salah satu sumber penyakit yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius seperti kanker, penyakit paru-paru, dan sirosis hati. Lebih dari itu, stres bisa mempengaruhi seluruh tubuh mulai dari rambut, kuku, hingga kulit.

Bagaimana cara stres mempengaruhi kulit? Menurut ahli kesehatan, stres akan memicu respon kimia pada tubuh sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Hormon kortisol merupakan salah satu produk dari stres. Hormon tersebut bisa memicu kelenjar kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Jadi, jangan heran apabila ketika stress, kulit wajah Anda cenderung berminyak dan lebih mudah berjerawat.

  1. Berolahraga secara rutin minimal 5 hari dalam seminggu

Banyak orang meyakini bahwa olahraga hanya berdampak positif pada kesehatan tubuh saja. Seperti kesehatan organ dalam, mulai dari jantung, paru-paru, hingga membantu meminimalisir penyakit dan meningkatkan imun tubuh. Padahal rajin bergerak atau berolahraga merupakan salah satu kunci kulit yang sehat.

Bagaimana olahraga bisa berdampak positif terhadap kesehatan kulit? Masih menurut Ellen Marmur, olahraga akan meningkatkan aliran darah yang berfungsi untuk memelihara sel-sel kulit dan menjaganya agar tetap sehat. Darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi dengan lebih baik; dan kemudian mendistribusikannya ke seluruh tubuh–termasuk kulit. Tidak hanya itu, darah yang lancar akan membantu tubuh membuang racun dan limbah penyebab berbagai masalah kulit secara maksimal.

  1. Pastikan Anda beristirahat cukup setiap hari

Menurut seorang certified sleep specialist bernama Michael Breus, PhD, tidur atau beristirahat cukup antara 7-9 jam setiap malam sangat dibutuhkan oleh kulit untuk membantu melakukan regenarasi sel-sel. Dampak dari rutin beristirahat dan tidur nyenyak setiap malam adalah, keriput di kulit berkurang, kulit jadi lebih bercahaya, lebih cerah, lebih sehat, dan lebih halus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *