Survey Lembaga KedaiKOPI & KIC Sebut 9,1% Pemilih Probowo Migrasi Ke Jokowi Usai Debat

Dikutip dari Data.Com  yang memuat  hasil  Telesurvei yang dilakukan KedaiKOPI –sebuah Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia- bekerja sama dengan Katadata Insight Center (KIC) memperlihatkan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dinilai sebagai kandidat yang tampil paling baik. Sebanyak 56,6 persen responden memberi nilai positif bagi mantan Wali Kota Solo itu.

Sementara itu, 23,9 persen responden menyatakan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sebagai kandidat yang tampil paling baik dalam debat. Peringkat ketiga dengan skor 12 persen jatuh pada calon wakil presiden Sandiaga Uno. Dengan demikian Ma’ruf Amin pada posisi buncit, hanya 0,6 persen. Sementara 6,9 persen beranggapan semua kandidat sama bagusnya.

Lebih lanjut, Jokowi dianggap sebagai kandidat dengan pemaparan paling jelas. Ada 54,7 persen responden yang menyatakan hal tersebut. Dalam hal ini, Prabowo kembali di urutan kedua dengan tingkat penilaian 27 persen.

Sebanyak 10,7 persen responden menilai Sandiaga sebagai kandidat dengan pemaparan paling jelas. Hanya 1,9 persen responden yang menilai Ma’ruf sebagai kandidat yang pemaparannya paling jelas. Adapun 5,7 persen responden menilai seluruh kandidat sama bagusnya ketika memberikan pemaparan. 

Tak hanya itu, Jokowi juga dianggap sebagai pemimpin yang karakternya paling sesuai harapan selama debat. Ada 55,4 persen responden yang menyatakan hal tersebut. Sebanyak 30,8 persen responden memilih Prabowo, lalu Sandiaga menyusul dengan 6,9 persen, dan Ma’ruf kembali di urutan bontot sebesar 0,6 persen. Sebanyak lima persen responden menilai seluruh kandidat sama bagusnya dan 1,3 persen menilai seluruh kandidat di luar harapan mereka.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto A Wibowo menyatakan, debat membantu masyarakat yang belum memiliki pilihan untuk menentukan pilihan. Hal ini terlihat dengan turunnya angka pemilih yang belum memutuskan dari 25,2 persen menjadi 9,4 persen.

Responden yang belum menentukan pilihan saat diwawancarai pada pra debat,  paling banyak memutuskan memilih pasangan Prabowo-Sandiaga sebanyak 40,6% setelah menonton. Lalu 29,7 % memilih Joko Widodo – Ma’ruf Amin, sedangkan 29,7% sisanya tetap belum mengambil keputusan. ( MB-sumber : Data.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *