Info Kesehatan

Tips Mengendalikan Diabetes

Berikut adalah beberapa tips penting seputar cara pengendalian penyakit diabetes,diantaranya adalah :

1.       Tetap menyantap makanan kesukaan.

Menyandang diabetes,bukan berarti tidak dapat menyantap makanan favorit. Yang penting,pahami apa pengaruh makanan terhadap kadar gula darah. Dokter atau ahli gizi dapat membantu untuk itu,misalnya menghitung karbohidrat,cara membaca label makanan,dan mengukur porsi makanan. Dengan demikian,diabetes tetap dapat menikmati makanan kesukaan tanpa khawatir gula darah akan melonjak.

2.       Membagi piring

WebMD menganjurkan prinsip A Rule of three agar diabetes tetap bisa mendapatkan santapan yang sehat dan mengenyangkan. Aturan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan sembari mengendalikan kadar gula darah dengan meningkatkan asupan makanan nontepung.

Caranya :

  • Isi setengah piring dengan sayuran nontepung,misalnya bayam atau brokoli.
  • Isi seperempat piring dengan makanan berkarbohidrat,seperti nasi,roti,kentang,atau pasta jika suka.
  • Isi seperempat piring lagi dengan daging,ayam,atau protein lain.
  • Di luar piring,tambahkan satu gelas susu rendah lemak dan setengah mangkuk buah

3.       Tulis semua Informasi

Biasakan untuk mencatat semua informasi penting. Catat kadar gula darah harian,sehingga dapat diketahui sejauh mana pengaruh makanan,obat,dan aktivitas harian terhadap kadar gula tersebut,ada baiknya memiliki glucosemeter. Keuntungan lain,diabetes dapat melaporkan catatan tersebut setiap kali berkonsultasi dengan dokter. Jadi,dokter bisa tahu apakah pengobatan diabetes yang diberikan cocok atau tidak.

4.       Siap-siap untuk “Sakit”.

Penyakit biasapun,seperti flu dan diare,dapat membuat gula darah melonjak. Pastikan daya tahan tubuh tetap terjaga agar terhindar dari penyakit. Untuk mengontrol kadar gula ,simpan snack ringan yang bisa membuat kenyang. Cek gula darah lebih sering,periksa kadar keton,dan pastikan jadwal kapan harus menghubungi dokter. Sebaiknya minta suntik vaksin flu setiap tahun.

5.       Perhatikan kotak obat

Diabetesi umumnya minum pil atau suntikan untuk mengendalikan kadar gula darah. Cobalah menyediakan obat diabetes untuk tiga hari,selain dari yang dipakai sehari-hari,untuk berjaga-jaga. Jangan lupa membuat daftar isi kotak obat,sebab obat diabetes dapat berinteraksi dengan obat lain,dari dokter sekalipun. Pastikan untuk bertanya kepada dokter sebelum minum obat baru.

6.       Kurang stress dengan berbagai aktifitas

Hidup dengan diabetes sering membuat sedih atau tidak bahagia. Stress tidak hanya memengaruhi mood,namun juga dapat menaikkan kadar gula darah. Stress dapat membuat diabetes memilih makanan yang tidak sehat. Cara paling mudah menghindari stress adalah selalu giat. Tidak harus berolahraga di Gym,yang penting bergerak.

7.       Olahraga dengan sesi pendek

http://gamatgold.obat-alami.com/wp-content/uploads/2012/03/olahraga-ringan.jpg

Sulit memang menemukan waktu tepat untuk olahraga. Sebenarnya 30 menit perhari sudah cukup. Itupun tidak perlu langsung 30 menit. Dapat dicicil,misalkan 10 menit berjalan kaki,10 menit lagi dua jam kemudian,dan seterusnya hingga terpenuhi 30 menit. Olahraga ringan membantu mengendalikan gula darah,menurunkan tekanan darah dan kolesterol,serta mengurangi stress. (Disarikan dari GHS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *