DPRD Apresiasi Kinerja DP2KP Upaya Swasembada Serta Ciptakan Varietas Padi Unggul Khas Landak

DPRD Kabupaten Landak melalui Ketua komisi B, Evi Juvenalis mengapresiasi kinerja Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DP2KP) kabupaten dalam upaya swasembada pangan. Menurut Evi, pencapaian kinerja dinas pertanian, perikanan dan ketahanan pangan progresnya terlihat dari semakin meningkatnya produksi padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar.  Serta  tanaman pangan lainnya mulai digalakkan produksinya seperti kacang tanah, kedelai serta sayur-sayuran, demikiannya pula dengan bidang peternakan Sapi, Babi, Ungas serta perikanan. Khusus untuk produksi Padi, politisi PDI-P ini menilai telah menuai kemajuan yang baik, tidak hanya dari sisi produksi yang membaik, masa tanam yang rata-rata bisa 2 kali dalam setahun, tetapi juga pembinaan ditingkat kelompok tani yang meningkat kualitas dan kuantitasnya. “Pembinaan dan pendampingan yang secara konsisten dilakukan oleh dinas, khususnya melalui tenaga penyuluh, tentunya memberikan dampak yang positif bagi petani, tidak hanya dalam hal teknis untuk meningkatkan produktivitas, tetapi juga untuk menambah wawasan serta mengubah pola pikir dalam manajerialnya, sehingga petani benar-benar sejahtera dan menjanjikan masa depan kehidupannya” ujar Evi.

Terkait dengan masih banyaknya para kelompok tani (Poktan) yang belum memperoleh bantuan alat pertanian dari pemerintah, dimaklumi oleh nya dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab. “Memang dalam hal bantuan kepada kelompok tani yang belum bisa maksimal seperti bantuan Alsintan, tentunya dapat kita maklumi karena memang terbatasnya anggaran yang dimiliki, namun secara bertahap tentunya bisa terpenuhi, kita juga berharap agar pemerintahan aktif meloby ke pemerintahan  pusat untuk bantuan-bantuan kepada petani, sehingga beban anggaran dapat berkurang dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi” ujar Evi.

Politisi Banteng ini mengharapkan agar kinerja Dinas Pertanian, perikanan dan ketahanan pangan yang telah baik tersebut, tetap terus ditingkatkan khususnya terhadap pendampingan dan pembinaan kepada para petani. “ Tentunya kita berharap ke depannya swasembada tidak hanya pada komoditas padi saja, tetapi juga ke komoditas pangan lainnya seperti jagung, kedelai, kacang tanah, sayur-mayur, ternak sapi, babi, ayam, bebek. Karena sangat berpotensi besar untuk dikembangkan. Sehingga ke depannya kabupaten ini tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan pangan, tetapi juga mampu menjadi sentral lumbung pangan di daerah propinsi Kal-bar” katanya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Evi terkait adanya temuan variates jenis padi baru yang dikembangkan oleh Dinas Pertanian, Ia mengharapkan agar temuan varieties padi tersebut bisa  dilounching, sehingga publik  mengetahui bahwa dinas telah bekerja dengan baik dan mendukung program Bupati untuk konsen mengembangkan bidang pertanian. (Amat dasa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *